struktur bahasa c++

struktur bahasa c++ pada tutorial saat ini saya akan membahasa tentang tutorial bahasa c++ lebih tepatnya struktur dasar dari bahasa c++ itu sendiri. dan kali ini saya akan menggunakan penulisan bahasa c++ yang modern yaitu dari versi 11.

syntax dasar

  // program pertama saya di c++
  #include <iostream> 
  using namespace std;
  int main ()
  {
    cout << "Hello World!";
    return 0;
  }
  

penjelasan dari kode di atas

// program pertama saya C++
Baris ini adalah komentar. komentar berfungsi untuk memberikan keterangan atau untuk memudahkan programmer untuk mengingatnya jika nanti saat menjalankan program ada yang salah tinggal mencari dari komentarnya. komentar sendiri terdiri dari dua maca.

1. komentar satu baris menggunakan // ini contoh komentar satu baris.
2. komentar lebih dari satu baris /* ini adalah sebuah contoh komentar dalam c plus plus menggunakan lebih dari satu bari */

#include<iostream>
merupakan sebuah preprocessor directive. untuk includekan file header file standard iostrem. mengapa harus includekan iostream? karena saat menuliskan kode c++ kita membutuhkan fungsi-fungi yang berada di dalam file header iostream, iostream termasuk juga deklarasi standard I/O c++

using namespace std;
merupakan perintah untuk mendeklarasikan kepada compiler bahwa kita menggunakan fungsi/class/file yang terdapat di dalam namespace std; fungsi cout dan cin itu juga termasuk dalam namespace std; sebenarnya tidak memakai using namespace std tidak apa-apa namun anda saat menulis kan program di awalnya harus di beri std:: contoh std::cout<<"hello word"; sangat merepotkan sekali.

int main(){
....
}
int main merupakan fungsi awal deklarasi main. main merupakan awal dari dimana kode c++ akan di eksekusi. fungsi main akan selalu di eksekusi pertama kali. dan pada dasarnya semua kode program di c++ memiliki fungsi main. dan tanda () merupakan sebuah fungsi. karena main adalah fungsi jadi harus di beri tanda () dan di dalamnya dapat diisi argumen. untuk menuliskan kode di dalam fungsi main harus di beri tanda kurung kurawal {} seperti contoh program diatas.

cout<<"hello word!";
cout merupakan standard output stream dalam C++ . Perhatikan setiap kalimat diakhiri dengan tanda semicolon (;). Karakter ini menandakan akhir dari instruksi dan harus disertakan pada setiap akhir instruksi pada program C++.

return 0;
merupakan sebuah hasil keluaran dari fungsi main() adalah 0. pada c++ return 0 dalam main menyatakan bahwa program berakhir denga normal

demikian tutorial singkat dari saya tentang struktur bahasa c++ semoga bermanfaat buat anda semua.

Subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

0 Response to "struktur bahasa c++"

Post a Comment